Kamis, 09 Agustus 2012

Yamaha vs Honda



Tanpa bermaksud menghina dan menjatuhkan suatu merek, mungkin saya hanya ingin beropini sedikit. mengapa Yamaha mampu menjadi saingan berat bagi merek besar seperti Honda. dan barangkali hal ini juga telah dikaji oleh Honda sendiri jauh -jauh sebelum saya memikirkannya. karena tak bisa dipungkiri, kenapa pada segment tertentu Yamaha mampu menjungkir balikan lawan2nya dari kubu Honda khususnya. yang memang mendominasi penjualannya diseluruh dunia, khususnya di tanah air. fakta berbicara, pada segment matic, Yamaha mampu memimpin penjualan matic terbanyak, sebelum direbut oleh Honda. dan saat ini, Yamaha telah membukukan dan meraih berbagai penghargaan atas derasnya penjualan Yamaha Vixion dimarih. yang tak mampu dikejar oleh rival abadi seperti Honda. serius amat bro :mrgreen:
Sebenarnya, semua tau Yamaha belum bisa dikatakan pemain lama di segment roda dua tanah air, jika dibandingkan dengan Honda. apalagi nama Yamaha boleh dibilang baru lumrah ditelinga masyarakat kita kira2 pada tahun 2000an. dan baru familiar pada tahun 2007 hingga saat ini. meskipun Yamaha telah bermain pada tahun2 sebelumnya. hmmm bener gak sih bro?? Imho
Lalu kenapa sih kok bisa Yamaha bisa melejit seperti saat ini? mungkin bro semua sudah tau jawabannya, dan tentunya jawaban dari bro bermacam2, sesuai dengan apa yang bro semua lihat dan rasakan sendiri. mungkin saya akan coba jelaskan sedikti menurut opini saya sendiri sesuai pengalaman pribadi yang bisa dan mungkin bisa menjadi masukan juga untuk pabrikan lainnya.
1. Produk2 roda 2 dari Yamaha mengusung konsep berbeda dengan rivalnya Honda, dimana Produk2 dari Yamaha identik dengan kencang dan tampilan yang Racy. mungkin dalam hal ini yamaha mempunyai kesimpulan, bahwa pada umumnya rata2 penyuka roda 2 yang paling banyak adalah pada umur 18 - 40 tahun, dan pada umur tersebut belumlah bisa dikatakan tua, sehingga sangat menyukai model motor yg racy ketimbang model motor ?? you know lah.. :mrgreen::mrgreen:
2. dari segi aftersalesnya, Yamaha boleh saya kasih jempol 2 buat pelayanannya. kenapa? saya punya beberapa motor dgn merek yg berbeda, salah satunya Yamaha, dan hanya di BERES yamaha, saya bisa menemui ruangan tunggu servis, yang pakai AC, dan ruangan khusus perokok yang dipisah. selain itu disediakan minuman gratis bagi yang mau servis motor, seperti Teh botol dll. gak hanya 1 tapi bisa utk 2 orang, apabila kita pergi berdua dengan istri atau teman. (biarpun minuman tadi sebenarnya diambil dari tarif servis yg dinaikan) tapi gak pa2 kali bro, dari pada kehausan? dan biar gak bete disediakan TV yg besar dan juga majalah. selain itu ruang tunggu juga menghadap ke ruang servis bro, dengan dinding kaca yang bening, sambil menunggu dengan santai, bro juga bisa melirik2 motor yg bro servis tadi lagi dikerjakan oleh mekaniknya. asyik gak tuh? di BERES lain mana ada bro? jangankan dikasih minum, t4 duduk aja gak ada. :mrgreen:gak tau dah didaerah bro ada.
3. selain itu, untuk urusan pelayanan penjualan, prosesnya cepat dan mudah, mau Cash dan kredit pelayanannya sama, gak kayak merek lain bro, dimana pelayanan beli dengan kredit lebih diutamakan, ketimbang yang beli cash. dan motor juga bisa diantar pada hari itu juga. mau dipake sendiri juga boleh. biar gak ketangkep ama polisi pake motor gak ada plat nomernya, kita dikasih surat sama orang showroomnya. memang sih mereka yg untung, gak perlu ribet2 antar lagi. lollol
 
4. Iklan yamaha, memang beda dari merek lain, kebanyakan iklan motor yamaha, menghadirkan jagoan2 balapnya di moto gp. dan sekarang sudah mulai ditiru pula sama merek lain, :mrgreen: selain itu bro, yamaha juga eksis menghadirkan sebuah acara yang memang diminati oleh masyarakat di marih, gak cuma cowok bro, tapi cewek pun suka. untuk mendongkrak nama dari yamaha tersebut. apalagi kalau bukan motoGP lol
5. Nah yang terakhir ni brow, Yamaha selalu punya ide kreatif untuk memanjakan pelanggan setianya. jujur saja, program2 dari yamaha itu lho yang gak nahan bro.. wkwkwk hadiah 1Milyar bro,,, terakhir dekat kampung saya dapat tuh, enaknyaaa. dan saya sendiri, juga pernah dapat hadiah dari yamaha, gak terlalu heboh sih, tapi lumayanlah. dapat kado ULTAH dari yamaha, ada 3 dus besar bro, saya kira duit 1 milyar dalam pecahan 100rebu, eh ternyata ada Helm, Baju yamaha Monster, Jaket, Mantel dan gantungan kunci. plus kue tar spesial dari yamaha buat saya tiup bro. asyik gak tuh.? pabrikan lain gak pernah lho bro... :mrgreen:
 So, berkaca dari apa yang saya temui ketika memilih produk Yamaha, memang diakui, trik jitu dari yamaha inilah yang ternyata mampu menyedot perhatian dan mengambil alih pelanggan setia dari merek lain. dimana mereka tidak bisa mendapatkan hal ini pada merek besar lainnya. dan gak bisa dipungkiri, yang mau berpaling ke lain hati, ya mereka yang kecewa toh?? kalau gak kecewa kenapa mesti beralih? hayoo yang suka selingkuh, pasti karena kecewa dengan pelayanan kan? hahalol Biarpun produk itu bagus sekalipun, belum tentu mampu membuat pelanggan setianya bertahan, jujur, saya adalah pelanggan setia Hon*a dulunya, buat saya merek lain gak bagus kualitasnya. tapi karena faktor diatas tadi, saya mampu berpaling kelain hati ( merek motor lho ya, bukan yg lain ) dan, jika saja pihak Hon*a mau belajar dimana kekurangan mereka, pastinya gak bakal ada yang akan berpindah kelain hati. walaupun memang dari segi model, Hond* punya ciri khas sendiri, paling tisak afterslaesnya lebih ditingkatkan. dan buat yamah* tentu bukannya gak ada cela/masukan juga. karena gak ada yang sempurna sih sebenarnya, hanya saja yamaha pintar membaca kekurangan lwannya. karena lawan akan mencari dimana kelemahan kita, dan mereka menyerang dari segi itu. jadi, yamaha mampu memberikan lebih, meskipun pada dasarnya ada yang dikurangi. apa itu ? entahlah...lol
 
Kira- kira Yamaha bakal kasih saya reward gak ya? tapi ini hanya masukan saja, seperti yg saya bilang tadi, bukan untuk mejatuhkan merek lain. bro ada masukan lain gak?  

Tidak ada komentar: