Kamis, 28 Juni 2012

Brand Honda tak bisa digoyah, betulkah ??


Terkait dengan banyaknya produk baru yg akan bermunculan di marih, baik itu dari pemain lama ataupun pemain baru, sepertinya tidaklah menjadi ancaman serius bagi merek besar seperti HONDA. kenapa bisa begitu? apakah nama Honda sudah begitu mengakar didalam pikiran konsumen kita? karena memang dari dulunya nama Honda sudah populer sekali di tanah air, bahkan diberbagai daerah, sebut saja sumatra. motor itu identik dengan Honda. Motor ya Honda, meskipun mereknya Yamaha, suzuki bajaj atau hantu belau sekalian, tetap aja motor itu dipanggil Honda :) . ataukah memang produk2 dari Honda memang sangat berkualitas, sehingga tidak ada konsumen yg kecewa. (ada tapi dikit) :-D Terlepas dari itu semua, Honda sejatinya memang bukanlah merek sederhana apalagi merek ecek-ecek. perusahaan jepang ini sangatlah besar. hampir semua produksi dari Honda mencakup semua segment yg memang produk2 terkenal dari seluruh dunia. mulai dari sepeda motor,mobil sampai ke Robotik Asimo semua digeluti oleh Honda. dan sudah terkenal diseluruh dunia. wajar saja "tidak gampang menggoyahkan pamor Honda" dimata konsumen. berbeda dengan pesaing jepun lainnya, seperti Yamaha yg gencar-gencarnya menaikan pamor brand mereka, setahu saya Yamaha belum memiliki produk seperti mobil seperti Honda. dan baru memproduksi sepeda motor. selain itu alat2 musik yg juga cukup populer. kemudian suzuki, yg juga memiliki produksi sepeda motor, juga memang sudah bermain disegment mobil, tapi selain itu tidak ada lagi produk dari suzuki. lalu kawasaki yg memang hanya bermain di segmen roda dua saja. Jadi, secara umum, Honda memang no 1 untuk urusan otomotifnya, selain sudah terkenal dari awal, sepertinya finansial Honda juga sangat besar. so, gak perlu khwatir kalau pabrikan lain mau menggoyang pamor Honda. makin digoyang makin naik aja pamornya, jangankan digoyang, menyainginya saja susah. Satu -satunya cara bersaing dengan merek Honda adalah, perang Harga. karena sepertinya pihak lawan melihat, sisi inilah kelemahan dari Honda dan merek2 besar pada umumnya. kalau sudah besar, biasanya pabrikan akan mempertahankan kualitasnya, bahkan menaikan kualitasnya. otomatis akan berpengaruh pada harga produk tersebut. inilah yg membuat pabrikan lain, seperti bajaj cendrung membuat iklan yg menyudutkan produk Honda dari segi harga. dan terbukti, Bajaj mampu bersaing dan sedikit menggoyang pamor Honda dimarih, dengan Harga yang sama, bisa dapat Motor sport. kenapa pilih bebek??? Apakah kelak iklan ini kembali terulang pada si Teralis misterius vs pulsar 200ns ?? CEWEK DULUAN DEH.. Any Question???  

Tidak ada komentar: