Sabtu, 16 Juni 2012

(opini) Faktor apa saja yang menjadi daya tarik untuk sebuah motorStreetfighter

wah pada weekend ini emang asik kalau dibawa nyantai dikit, kerjaan bisa ditunda dululah, masalah diamplopin dulu lah, bisa dibuka dihari senen aja :-D
nah, kali ini  saya akan sedikit memberikan opini mengenai motor streetfighter kelas mid-end (wah ribet nyebutnya, maklum lidah orang padang :-D ) , bro semua pasti suka bener ama namanya motor streetfigter, alias motor naked yang macho. biar lebih gampang, kita sebut aja motor naked (dibaca : neket)
Gambar
bicara soal motor neket, siapa yang gak tergiur kali bro, dengan body dan lekukan2 nya yang tajam, tangki gede, dan headlamp yang sangar, motor ini membuat kita yang menaikinya jadi pede dan gagah, tapi gak semua pabrikan paham betul dengan selera konsumennya, meskipun semua orang punya selera masing2, tapi saya setuju jika mau macho bro semua akan melihat faktor dibawah ini untuk menentukan machonya motor neket tersebut. cekidot :-D

1. Headlamp
semua orang pasti setuju, jika headlamp merupakan yang paling awal untuk kriteria motorsport, kalau headlamp jelek, biasanya males aaja liat yang lainnya :) dalam hal ini, kita jumpai sudah banyak motor  yang memiliki desain headlamp yang streetfigter sejati. dengan gaya dan ciri khas masing2 pabrikan, bro dan saya pasti setuju itu.

GambarGambarGambarGambarGambar
2. Monoshock
kalau soal macho2an, emang monoshock gak bisa dipisahkan, itu udah cerminan motor streetfighter sejati, semua pasti setuju deh, percuma headlamp macho, tapi masih doubleshock, rasanya gimana gitu? meskipun udah kesemsem bener ama tu motor, pasti waktu mau beli bakal mikir modifikasi dulu, dimonoshockin ahh, tapi kalau dimodif bakal kurang presisi, juga pengaruh ama keawetan tuh motor, kecuali dimodif oleh pakarnya(butuh duit yang banyak bro) kalau gak ya, pasti gak nyaman pake tuh motor. tapi kalau motor belinya cuma 20jt, biaya modif 10 juta, mending beli motor yang 30 jt aja, bener gak bro, desain pabrik lebih presisi kan :-D


3.Tangki
nah, kalau headlamp udah macho, suspensi belakang udah monoshock, pasti tangki juga harus kekar, gak perlu tangkinya lebar, biasanya selera konsumen, pada tangki harus ada shroudnya (lebar juga bagus), trus kalo bisa dikasih fairing(kecil aja) dibawah tangki bagian depan, untuk menyiratkan aura machonya, biarpun gak dikasih radiator, tapi perlu juga dikasih shroud kaya gini. gak usah lebar shroudnya, dikit saja.. :)
GambarGambarGambarGambarGambar
4.Tapak lebar, Cakram depan belakang
ini juga faktor yang penting bro, headplamp cakep, monoshock, tangki macho, tapi kaki2 kecil, plus cakram cuma didepan aja, wah masih berasa ngeganjel dihati, meskipun berasa udah macho naik tu motor, tapi kalau riding bareng teman yang pake motor dengan ban lebar plus cakram depan belakang, masih eneg juga kan?? wkwkwk :-D
Gambar
5.Handle Grip
nah, ini juga gak kalah pentignya bro, biarpun kecil, tapi sangat berpengaruh juga buat penampilan, gak jarang pabrikan berlomba2 membuat desain masing2. dengan berbagai model dan warna, Handle Grip emang sangat penting, selain terkesan macho, ini juga mendukung lekukan dan desain body motor itu sendiri. kalau handle grip gak kompak ama body, bisa membuat desain body terlihat kuno.
GambarGambarGambar
6.Harga Terjangkau
wah, ini yang paling pentingnya bro, kalau desain udah macho, trus faktor diatas udah klop semua, tapi harganya mahal ya percuma, tapi kalau boleh saran ni bro, motor dengan kriteria ini dujual dengan harga yang gak usah terlalu mahal, ya kisaran 27 juta paling mahal, kata pak RT, meskipun sulit tapi masih bisa dipaksakan belinya (dibaca : leasing). gak masalah dengan material yang dikurangi kualitasnya, kan bisa aja tangki pakai plastik, gak harus besi/logam. trus velgnya gak perlu pakai cat bagus2 amat. yang penting mesinnya awet, gak perlu juga larinya kenceng2 bener, 120km/j aja udah cukup :-D . kalau udah gini bakal laris manis produknya, yakin :-D
Gambar
selain itu ada faktor lain yang mungkin bisa bro tambahkan.Tapi, apa iya itu bisa direalisasikan, sebagai konsumen, kita taunya produk itu keren dan terjangkau, terserah pabrikan deh ngakalinnya, wkwkw :-D ngomong enaknya aja, emang gampang buatnya??? :) tapi ni bro, ada juga motor neket yang harganya mahal, tapi desain gak sesuai dengan selera kita (orang asia) gak tau dah kalau gini :-D mungkin karena produk global, tapi untuk produk mid end, ya pasarnya lebih besar di asia, jadi harus sesuai selera orang asia. IMHO :)
Gambar
So, sekian bro pembahasan kali ini, mudah2an pabrikan mendengar keluhan kita, (demo kali) :-D . kalau ada kata2 yang salah harap dikoreksi, silahkan dikomentari

3 komentar:

bapakeVALKYLA mengatakan...

yg jelas kaki2nya harus kekar...
:D

ridermatrix mengatakan...

minimal kakinya kaya byson, tapi dikasih cakram kaya megapro. gimana mas bro ?

bapakeVALKYLA mengatakan...

lha itu salah satunya.... byson cakram belakang...